MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN PINTAR HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI DURI KOSAMBI JAKARTA BARAT

ANANDA JUNIARTI, . (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN PINTAR HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI DURI KOSAMBI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstark Penelitian action research ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dalam bentuk menggunakan alat permainan edukatif papan pintar hijiayah di wilayah Duri Kosambi, Jakarta Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research dengan menggunakan Model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitianini adalah anak usia 5 – 6 tahun yang berada di wilayah Duri Kosambi, Jakarta Barat yang berjumlah 5 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan alat permainan edukatif papan pintar hijaiyah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatid dan kuantitatif. Indicator keberkasilan yang ditetapkan jika 71% dari 5 anak pada kegiatan membaca huruf hijaiyah menggunakan alat permainan edukatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan adanya keberhasilan. Dengan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan anak dalam kegiatan membaca huruf hijaiyah menggunakan alat permainan eudukaif papan pintar hijaiyah. Peningkatan membaca huruf hijaiyah terlihat dari indikator yang meliputi aspek mengenal huruf hijaiyah, mencocokan bentuk huruf hijaiyah dan melafalkan huruf hijaiyah. Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan alat permainan edukatif papan pintar hijaiyah dalam pelaksanaan pratindakan 34,44%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 71,94% mengalami peningkatan sebesar 37,5%. Sementara itu dilanjutkan nya siklus II karena dikhawatirkan peningkatan tersebut hanya merupakan suatu kebetulan, demi mendapatkan hasil maksimal maka peneliti melanjutkan untuk siklus II dan mengalami peningkatan yang baik dengan persentase 88,05%. Dengan perolehan tersebut maka penelitian dihentikan karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Kata Kunci : kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah, Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Hijaiyah ************* Abstract This action research intentionally improves the ability to read Hijaiyahs letter in the form of Hijaiyah smartboard educational games applied in Duri Kosambi sub-district, West Jakarta. Types of research for this project is using action research by implementing Kemmis and Mc Taggart model. Subject of research are five children from 5th to 6th years old who resides in Duri Kosambi sub-district, West Jakarta. Object of research is the ability to read Hijaiyas letter by using Hijaiyahs smartboard educational games. Method of collecting data in this research is observation and the instrument of being used is observation guidelines. Data analysis technique is utilized with qualitatively and quantitatively descriptive. Success indicator is set when 71% of five children in reading Hijaiyahs letter are using smartboard educational games. This research was carried by two cycles. The result showed an accomplishment of the research. There was a gradual increase from the ability of the children in reading Hijaiyahs letter by using Hijaiyahs smartboard educational games. The growth of reading Hijaiyahs letter is shown at the indicators including aspects of introducing Hijaiyahs letter, matching the form of Hijaiyahs letter, and pronouncing Hijaiyahs letter. The improving ability of reading Hijaiyahs letter using Hijaiyahs smartboard educational games with pre-action implementation is 34,44%. In 1st cycle, the growth was 71,94% and rise 37,5%. Meanwhile, continuing in 2nd cycle due to anticipate the growth was only a coincidental. To reach maximum result, researcher was continuing the 2nd cycle process and gaining a good increase with 88,05%. By this result, the research was remained stopped, since it has reached the successful criteria. Keywords : the ability to read Hijaiyahs letter, Hijaiyahs smartboard educational games

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2). Dra. Winda Gurnarti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 10526 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:04
Last Modified: 09 Apr 2021 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15954

Actions (login required)

View Item View Item