MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN CIGANJUR 04 PAGI JAKARTA SELATAN

ROBII’ATUL ADAWIYYAH, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN CIGANJUR 04 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ROBIIATUL ADAWIYYAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL ROBII'ATUL ADAWIYYAH.pdf

Download (97kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai peningkatan hasil belajar IPS mengenai materi perjuangan para tokoh pada masa penjajahan Belanda dan Jepang menggunakan model pembelajaran Role Playing (bermain peran) di kelas V SDN Ciganjur 04 Pagi Jakarta Selatan, pada semester 1 tahun ajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa 30 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian teknik pengumpulan data menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (68) sebanyak 20 dari 30 siswa, dengan persentase 66,66%. Adapun pada siklus II lebih meningkat lagi, siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (68) sebanyak 26 dari 30 siswa, dengan persentase 86,66% dengan rata-rata skor 84,5.Berdasarkan temuan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Role Playing (bermain peran) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Ciganjur 04 Pagi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M. Pd ; 2). Dra. Dewi Hartanti, M.A
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Nov 2019 10:36
Last Modified: 18 Nov 2019 10:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item