PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMAN 3 DEPOK

ALBERTA PARINTERS MAKUR, . (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMAN 3 DEPOK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS ALBERTA PARINTERS MAKUR (2014).pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi PQ4R dibandingkan dengan strategi konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMAN 3 Depok pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri dari 76 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa. Data diperoleh melalui soal penalaran matematis dan soal komunikasi matematis yang kemudian dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajarkan dengan strategi PQ4R memiliki kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada siswa yang diajarkan secara konvensional; (2) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis; (3) siswa dengan kemampuan penalaran tinggi pada saat diterapkan strategi PQ4R memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (4) siswa dengan kemampuan penalaran rendah pada saat diterapkan strategi PQ4R memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sama dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Temuan mengarah pada rekomendasi bahwa kemampuan membaca dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan akan memudahkan proses pembelajaran matematika. *********** This aim of this study was to examine the students’ reading and mathematic skills that affect to their mathematics achievement.This research was performed to know the effectiveness of reading strategy (PQ4R strategy) versus usual strategy on mathematical communication skill based on mathematical reasoning skill. It was a quantitative research using quasi-experimental method conducted at SMAN 3 Depok in 2014 with 76 samples of students selected based on their mathematical reasoning skill. Data were obtained through questions about mathematical reasoning and mathematical communication and then analyzed with two way ANOVA. The data analysis and interpretation shows that students who were taught with PQ4R strategy had better mathematical communication skill than students who have been traditionally taught. The effect of mathematical communication skill differs depending on mathematical reasoning ability. There was a greater difference between students with high mathematical reasoning skill and low mathematical reasoning skill for students in the treatment condition than there was for subjects in the control condition. Thus, there is an interaction between learning strategy and mathematical reasoning skill. The findings lead to the recommendation that reading skill can be used to improve student’s mathematical communication skill and will ease mathematical learning process.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Gerardus Polla, M.AppSc ; 2). Ir. Fariani Hermin Indiyah, MT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:51
Last Modified: 29 Apr 2021 04:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item