ALIPIN, . (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERMAINAN MAZE (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Nurul Ikhsan Desa Kedaton Kabupaten Lampung Utara Tahun 2014). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (112kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (161kB) |
|
Text
7. BAB II..pdf Download (460kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (284kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Download (144kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran membaca melalui media permainan maze dan apakah ada peningkatan kemampuan siswa RA kelas B dari membaca permulaan setelah memberikan kegiatan membaca melalui media permainan maze. 15 siswa dari kelas B di RA Nurul Ikhsan Kedaton merupakan subyek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat langkah: a) rencana, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan oleh catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran maze meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B. Prosentase kemampuan membaca permulaan kelompok B sebelum intervensi sebesar 57,56% dan meningkat setelah dilakukan tindakan sebesar 79,67% menjadi 96,56. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media permainan maze meliputi kemampuan membaca huruf, membaca kata, membaca suku kata dan membaca kalimat sederhana. ************ The purpose of this study was to determine the learning process of reading through the media maze game and if there is an increase in the ability of students RA class B of reading beginning after giving reading through the media maze game. The 15 students of class B in RA Nurul Ikhsan Kedaton is the subject of this study. This study uses action research by Kemmis and Mc. Taggart which consists of four steps: a) plan, b) measures, c) observation, d) reflection. Data collection was conducted by field notes, interviews, documentation and observation. Data were analyzed with qualitative and quantitative methods. The results of this study showed that learning by using instructional media maze improve reading skills of children in group B. The percentage of beginning reading skills onset group B before the intervention of 57.56% and increased after the action by 79.67% to 96.56%. Improved ability to read the beginning through the media maze game include the ability to read letters, read words, read syllables and reading simple sentences.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Dr. Karnadi, MPsi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 05:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 05:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16079 |
Actions (login required)
View Item |