KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DALAM MEMBANGUN HISTORICAL EMPATHY

LOBELIA ASMAUL HUSNA, . (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DALAM MEMBANGUN HISTORICAL EMPATHY. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir historis mahasiswa pendidikan sejarah dalam meningkatkan kemampuan historical empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dikembangkan oleh Creswell. Penelitian dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bulan Januari sampai Juli tahun 2020. Penelitian ini juga dibatasi pada mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Kolonial pada angkatan 2018 dan Sejarah Indonesia Masa Orde baru pada angkatan 2017. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan ditriangulasikan kemudian dideskripsikan dan diinterpretasi maknanya. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat: (1) mahasiswa pendidikan sejarah telah menguasai kemampuan berpikir historis ; (2) menurut dosen yang mengampu mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Kolonial dan Sejarah Indonesia Masa Orde Baru, mahasiswa telah menguasai kemampuan berpikir historis karena telah menguasai indikator dalam berpikir historis yang digunakan pada penelitian dari UCLA. (3) pada mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Kolonial, perkuliahan dan diskusi dilaksanakan melalui google classroom sedangkan pada mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Orde Baru perkuliahan dilaksanakan via whatsapp dan dosen hanya memberikan bahan bacaan untuk mahasiswa agar diakhir dapat membuat sebuah proposal penelitian skripsi. (4) mahasiswa pendidikan sejarah telah memiliki kemampuan kognitif empati sehingga mereka dapat menyikapi sejarah dengan baik dan memahami betul alasan dibalik orang-orang yang ada dimasa lalu bertindak. ************ This study aims to analyze the historical thinking ability of historical education students in improving historical empathy ability. The research method used is qualitative with case study approach developed by Creswell. The research was conducted in the History Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta (UNJ) from January to July of 2020. This research is also limited to the courses of Colonial Period Indonesian History in the 2018 class and the History of Indonesia New Order Period in the class of 2017. Data collection is conducted through interviews, observations and documentation. The data that has been collected is then analyzed and stimulated and then described and interpreted its meaning. The results of this study found that there are: (1) history education students have mastered the ability to think historically; (2) According to lecturers who hold courses in Indonesian Colonial History and Indonesian History of the New Order Period, students have mastered the ability to think historically because they have mastered the indicators in historical thinking used in research from UCLA. (3) in the course History of Indonesia Colonial Period, lectures and discussions are carried out through google classroom while in the course History of Indonesia New Order Period lectures are carried out via whatsapp and lecturers only provide reading materials for students so that at the end can make a thesis research proposal. (4) History education students have cognitive empathy skills so that they can handle history well and understand the reasons behind those who have acted in the past.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Syukur, M.Hum. ; 2). Dr. Umasih, M.Hum.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 8985 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2021 04:48
Last Modified: 30 Apr 2021 04:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16099

Actions (login required)

View Item View Item