PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JEPANG (Studi Etnografi Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas Darma Persada Jakarta)

CUCU SUTINI, . (2021) PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JEPANG (Studi Etnografi Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas Darma Persada Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang proses pembelajaran membaca pada mahasiswa semester IV Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode etnografi. Penelitian dilakukan pada tahun 2016-2018. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, observasi, rekaman, catatan lapangan, dan wawancara. Temuan yang didapatkan dari hasil penelitian ini yaitu; (1) pembelajaran membaca bahasa Jepang bertujuan untuk memahami kosakata, pola kalimat, isi teks dan menjawab pertanyaan dari isi teks; (2) silabus yang digunakan adalah silabus campuran: silabus SAP, RPS dan Can-do; (3) materi ajar adalah teks yang berisi tentang budaya Jepang dan budaya internasional; (4) teknik membaca yang digunakan adalah membaca nyaring, membaca dalam hati, scimming, scanning, previuwing, dan summarizing; (5) proses pembelajaran membaca Pra-membaca menggunakan skemata memadukan antara pengetahuan yang dimiliki dengan materi yang sedang dipelajari, saat membaca menggunakan bottom-up, pembelajaran dimulai dari kosakata, pola kalimat, paragraph, teks bacaan Pasca-membaca menggunakan pemahaman literal, interperatif, kritis dan kreatif; (6) peran dosen sebagai organisator, observer, pompter, feedback organisator; dan peran mahasiswa mandiri dan siap dalam belajar (7) evaluasi dilakukan menggunakan evaluasi proses.(8) tema budaya ditinjau dari 7 subfokus di atas menunjukkan proses pembelajaran berlangsung secara aktif dan komunikatif. Peran dosen dalam pembelajaran membaca sebagai organisator, observer, pompter, dan feedback organisator dan peran mahasiswa mandiri dan siap dalam belajar dilakukan secara konsisten merupakan hal yang dominan. Simpulan Pembelajaran membaca pada mahasiswa semester iv ditinjau dari 7(tujuh) subfokus menunjukan pembrelajaran berlangsung secara aktif dan komunikatif. Kata Kunci: Bahasa Jepang, Etnografi, Pembelajaran Membaca***********This research is aimed at gaiding a deep understansding of the learning process of reading in the fourth semester students of the Japanese Language and Culture Study Program, Darma Persada University, Jakarta.This study uses a qualitative ethnographic method approach. The research was conducted in 2016-2018. Data were collected through documentation study, observation, recordings, field notes, and interviews.The findings obtained from the results of this study are; (1) Japanese reading learning aims to understand vocabulary, sentence patterns, text content and answer questions from the contents of the text; (2) the syllabus used is a mixed syllabus: SAP, RPS and Can-do syllabi;(3) the teaching material is a text that contains Japanese culture and international culture; (4) reading techniques used are reading aloud, reading silently, scimming, scanning, previuwing, and summarizing; (5) the learning process of reading Pre-reading uses a schemata that combines the knowledge possessed with the material being studied, when reading uses bottom-up, learning starts from vocabulary, sentence patterns, paragraphs, Post-reading reading texts using literal, interactive understanding, critical and creative; (6) the lecturer acts as an organizer, observer, pompter, feedback organizer; and students play a role (7) evaluation is carried out using process evaluation. (8) the cultural theme in terms of the 7 sub-focuses above shows the learning process is active and communicative. The role of lecturers in managing reading learning as an organizer, observer, pompter, and feedback organizer and the role of independent students and ready to learn to be carried out consistently is the dominant thing. Conclusion Reading learning in fourth semester students in terms of 7 (seven) sub-focuses shows that learning takes place actively and communicatively. Keywords: Ethnography、Japanese Language, Reading Learning。

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 10513 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:12
Last Modified: 28 Jun 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item