PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KOSAKATA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TAMBATAN LEKSIKAL

ATIKAH SOLIHAH, . (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KOSAKATA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TAMBATAN LEKSIKAL. Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Kover..pdf

Download (681kB)
[img] Text
2. Bab I..pdf

Download (709kB)
[img] Text
3. Bab III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Bab V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
7. LAMPIRAN-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar utama dalam pembelajaran adalah buku pelajaran. Selain itu, terdapat buku pengayaan yang dapat menyempurnakan pengetahuan peserta didik. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, persepsi kosakata peserta didik terhadap buku pelajaran merupakan pintu dalam memahami materi pelajaran tersebut. Berdasarkan penelitian pendahuluan diketahui bahwa peserta didik jenjang SMP masih banyak yang tidak mengetahui 200 kosakata yang kekerapannya rendah di dalam buku pelajaran. Untuk itu, dibutuhkan penelitian pengembangan buku pengayaan yang akan menguatkan pengetahuan, pemahaman, dan pemanfaatan kosakata peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan campuran (mix method) antara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan kosakata dalam pelajaran Bahasa Indonesia berbasis tambatan leksikal. Penelitian dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tengerang selama tahun 2019—2020. Korpus penelitian ini adalah buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, kelas VIII, dan Kelas IX. Desain penelitian pengembangan yang dipilih adalah model desain yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi delapan langkah. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik dan kuesioner. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa persentase kosakata yang biasa digunakan peserta didik sebesar 28% di kelas VII, 31% di kelas VIII, dan 39% di kelas IX. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu dilakukan peningkatan pemahaman kosakata peserta didik, salah satunya dengan buku pengayaan kosakata. Dari penggunaan kosakata diketahui pula dibutuhkan penjenjangan dalam hal tipe dan token dalam buku teks karena data yang ada menunjukkan belum ada penjenjangan kosakata tersebut. Berdasarkan analisis pemetaan materi kosakata di dalam buku pelajaran diketahui terdapat 142 pola pembentukan kosakata. Rancangan materi buku pengayaan kosakata tersebut digradasikan dengan berdasarkan kompleksitas pembentukan kata, mulai dari pola kata berafiks tunggal, berafiks gabung, berafiks jamak, kata berklitik, kata berafiks berklitik, kata berafiks berpartikel, kata bentuk terikat, dan kata majemuk berafiks. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model pertama dinyatakan layak. Hasil keterbacaan menunjukkan bahwa untuk lima kriteria nilai rerata di atas 2,3 atau dengan kategori sangat baik. Dengan pengembangan buku pengayaan berbasis tambatan leksikal melalui tujuh hal, yaitu pola kata, penjelasan pola kata, tabel pembentukan, contoh kata, makna leksikal contoh, konteks kalimat, serta ilustrasi visual diharapkan kosakata peserta didik dapat diperkaya.*****The main teaching material in learning is textbooks. In addition, there are enrichment books that can enhance the knowledge of the students. In learning Indonesian language or Bahasa Indonesia, the students' understanding of vocabulary in textbooks is a door to understanding the subject matter. Based on preliminary research, it is known that there are still many junior high school students who do not know 200 vocabularies which have low frequency in the textbooks. Therefore, research on enrichment book development is needed to strengthen the students' understanding of vocabulary in Bahasa Indonesia. This research is a development research with mix mtehod, a combination of quantitative and qualitative approaches. This study aims to develop lexical binding-based vocabulary in Indonesian language enrichment books. The research was carried out in the Jakarta, Bogor, Bekasi, and Tangerang areas during 2019--2020. The corpus of this study was Indonesian textbooks of grade VII, VIII, and IX. The research development design chosen was a design model developed by Borg and Gall and was adapted into eight steps. The data collection technique was carried out by the survey. The research instruments used were rubrics and questionnaires. The results of the needs analysis research showed that the percentage of vocabulary commonly used by the students was only 28%, 31%, and 39% in grade VII, VIII, and IX respectively. These results indicate that the existence of enrichment books is needed to improve the students' understanding of vocabulary. Based on the analysis of the use of vocabulary in Indonesian textbooks, it is known that the textbook for grade VII has a vocabulary type of 6.220 with a token of 50.051. The textbook for grade VIII has a type of vocabulary of 6.301 with a token of 46.904. The textbook for grade IX has a vocabulary type of 5.018 with a token of 33.926. Based on the mapping analysis of vocabulary material in textbooks, it is known that there are 142 patterns of vocabulary formation. The design of the vocabulary enrichment book material includes 142 patterns which are divided into eight materials, namely single affixed word patterns, combined affixes, plural affixes, dotted words, dotted words, particle affixed words, bound form words, and affixed compound words. The results of the feasibility test show that the first model is declared feasible. The legibility results show that for the five criteria the mean score is above 2.3 or the category is very good. Keyword: development, vocabulary, enrichment book, lexical binding

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof.Dr.Yumna Rasyid, M.Pd. 2) Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 10571 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 07:39
Last Modified: 11 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item View Item