PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LORONG (LUDO GOTONG ROYONG) PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di SDN Jaticempaka III, Bekasi)

YUNITA CHAROLINE, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LORONG (LUDO GOTONG ROYONG) PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di SDN Jaticempaka III, Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
4. SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKAdocx.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan LORONG pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Jaticempaka III, Bekasi pada bulan November 2018 sampai Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahap penelitian dan pengembangan ini yaitu tahap analysis, tahap desaign, tahap development, tahap implementation dan tahap evaluation. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Responden pengembangan ini di antaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, pendidik kelas IV sekolah dasar, dan peserta didik kelas IV SDN Jaticempaka III, Bekasi berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa media permainan LORONG pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar ini dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari rata-rata menurut para ahli sebesar 90% dan hasil kuesioner peserta didik sebesar 97.2%. Media permainan LORONG ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar IPS yang digunakan peserta didik untuk mempelajari kompetensi dasar 3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat serta pengaruhnya pada kehidupan masryakat kini dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Ir. Arita Marini, M.E ; 2). Prayuningtyas Angger W. M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 24 May 2021 05:58
Last Modified: 24 May 2021 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item View Item