PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI (Studi Eksperimen Di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur)

SAFRIDA RISMA, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI (Studi Eksperimen Di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA.Penelitian dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan barlet. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahnwa data berdistribusi normal dan kelas homogen. Selanjutnya dianalisisi dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 1,88. Harga ttabel pada taraf signifikansi α= 0,05 dan dk= 35 adalah 1,694. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (1,889 > 1,694), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja di terima. Dengan demikian, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Yetty Auliaty, M.Pd., ; Drs. Dudung Amir Sholeh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Nov 2019 11:56
Last Modified: 18 Nov 2019 11:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item View Item