PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE STORYPLAYING Penelitian Tindakan pada Kelompok B TK Islam Aqwati Kota Bogor- Jawa Barat Tahun 2014

ISMIA UNASIANSARI, . (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE STORYPLAYING Penelitian Tindakan pada Kelompok B TK Islam Aqwati Kota Bogor- Jawa Barat Tahun 2014. Magister thesis, UNJIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

The objectives of this study are to describe the process on how storyplaying method implementation improve the student’s listening skill and to describe the improvement of students’ listening skill. This research is conducted in Aqwati Islamic kindergarten located in Bogor, West Java. The subjest of this study are 14 children of age about 5 to 6 in group B1 of Aqwati Islamic Kindergarten.The method used in this research was action research. The process of data collection is done through observations, interviews and document analysis within two cycles of storyplaying implementations, validity of the data was carried by the process of triangulation.The result of this research shows that students’ listening skill shows an improvement. It shows that the students’ listening skill reaches the percentage of 87,8% at the end of cycle II. Students gain 18,57% improvement at the end of cycle I and 16,41% improvement at the end of cycle II. Totally, students’ improvement reaches 34,98% compared with their previous result of only 52,07% before the study was conducted. As a conclusion, the implementation of storyplaying method in group B, Aqwati Islamic Kindergarten proves to be succeeded in improving students’ listening skill. ********** Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode storyplaying dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak anak TKB1 setelah dikenakan tindakan dengan metode storyplaying. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B TK Islam Aqwati yang berlokasi di Bogor- Jawa Barat. Subjek penelitian adalah 14 anak berusia 5 hingga 6 tahun pada kelas TKB1 TK Islam Aqwati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan proses triangulasi teknik maupun sumber data. Hasil studi menunjukkan peningkatan pada keterampilan menyimak anak. Pada akhir siklus II hasil anak mencapai persentasi sebesar 87,8%. Terdapat peningkatan sebesar 18,57% pada akhir siklus I dan 16,41% pada akhir siklus II. Berarti terdapat peningkatan total sebesar 34,98% pada keterampilan menyimak anak dibandingkan hasil tes awal yang hanya mencapai 52,7%. Sebagai kesimpulan, penerapan metode storyplaying terbukti berhasil meningkatkan keterampilan menyimak anak pada kelompok TKB1 TK Islam Aqwati.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Soegeng Santoso, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:52
Last Modified: 08 Jun 2021 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item