VERY NENO TAHIN, . (2019) MENINGKATKAN GERAK DASAR MELOMPAT MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS IV SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
sekripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar melompat melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat pada bulan Februari sampai dengan Maret 2019 menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 3 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dilaksanakan di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat. Hasil dari penelitian menunjukan presentase gerak dasar melompat meningkat 8% dari 74% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II kemudian meningkat 10% dari 82% pada siklus II menjadi 92% pada siklus III. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada pada mata pelajaran pendidikan jasmani yang dilaksanakan dalam metode penelitian tindakan kelas. Dapat meningkatkan gerak dasar melompat, sebab pembelajaran konteks adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata. Oleh sebab itu dalam abstrak ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan dapat dijadikan cara untuk meningkatkan gerak dasar melompat di kelas IV SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd ; 2). Dra. Iva Syarifah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 06:21 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 06:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16236 |
Actions (login required)
View Item |