PENGEMBANGAN ULAR TANGGA POP UP MATERI SUMBER ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Pada Siswa Kelas II SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi)

SYIFA FAIZZATI RAMADHANY, . (2019) PENGEMBANGAN ULAR TANGGA POP UP MATERI SUMBER ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Pada Siswa Kelas II SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (364kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan ular tangga pop up. Permainan ini sebagai media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi kelas II Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan Baker & Schutz, yakni 1) Formulasi Produk, 2) Spesifikasi Pembelajaran, 3) Uji Coba Soal, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi, dan 7) Analisis Operasi. Evaluasi pada penelitian pengembangan produk ini dilakukan melalui expert review, one to one, small group, dan field test. Tahap expert review melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli desain pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 3,90. Tahap one to one permainan diuji cobakan kepada 2 orang siswa dengan kemampuan pemahaman akademik yang berbeda. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 10. Tahap small group, permainan ini diuji cobakan kepada 4 orang siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 10. Tahap terakhir adalah field test, permainan diuji cobakan kepada 30 orang siswa. Pada tahap ini diperoleh nilai rata-rata awalnya sebesar 64,22 meningkat menjadi 84,22. Dari hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga pop up materi sumber energi mata pelajaran IPA kelas II dikatakan sangat baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. RA. Murti Kusuma Wirasti, M.Si ; 2). Drs. Zuhdy Hasibuan, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 21 Jun 2021 05:18
Last Modified: 21 Jun 2021 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item