PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BELIEF TERHADAP MATEMATIKA MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL Eksperimen di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA

MEYTA DWI KURNIASIH, . (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BELIEF TERHADAP MATEMATIKA MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL Eksperimen di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis.pdf

Download (5MB)

Abstract

This research aimed to discover the effect of students’ priori knowledge and learning REACT strategies to the ability of problem solving and belief of mathematics. Research conducted at the University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA using cluster random sampling method conducted to 52 students. Retrieval of data obtained through a questionnaire and analyzed using MANOVA design level treatment. The results showed that, (1) the ability of mathematical problem solving and belief given to students learning mathematics REACT strategy is higher than in the group of students who were given conventional learning, (2) there was an interaction effect between the model of learning and the prior knowledge of the mathematical problem solving ability and belief towards mathematics, (3) for students who have a high initial capability against Linear Program courses, math and problem solving skills to the belief that students are given learning mathematics REACT strategy are higher than those given conventional learning. Further trials to find appropriate learning for students who have a low initial ability. *********** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran strategi REACT dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan belief terhadap matematika. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA menggunakan metode cluster random sampling yang dilakukan kepada 52 mahasiswa. Pengambilan data diperolah melalui angket dan dianalisis menggunakan MANOVA dengan desain treatment by level. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan pemecahan masalah matematika dan belief terhadap matematika mahasiswa yang diberi pembelajaran strategi REACT lebih tinggi dari pada kelompok mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan belief terhadap matematika, (3) bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi pada mata kuliah Program Linier, kemampuan pemecahan masalah matematika dan belief terhadap matematika mahasiswa yang diberi pembelajaran strategi REACT lebih tinggi daripada yang diberi pembelajaran konvensional. Uji coba selanjutnya untuk menemukan pembelajaran yang tepat untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Drs. Swida Purwanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:20
Last Modified: 22 Jun 2021 08:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item