PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK MATERI PECAHAN UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SHINTA RISANI, . (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK MATERI PECAHAN UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis saintifik materi pecahan untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur pada bulan Agustus 2018 sampai Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Rowntree. Terdapat tiga tahap penelitian dan pengembangan ini yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Responden pengembangan ini di antaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, pendidik kelas IV sekolah dasar, dan peserta didik kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul matematika berbasis saintifik pada materi pecahan untuk kelas IV sekolah dasar ini dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari rata-rata menurut para ahli sebesar 91,27% dan hasil kuesioner peserta didik sebesar 89,04% Modul matematika ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar matematika yang digunakan peserta didik untuk mempelajari materi pecahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd ; 2). Ika Lestari, S.Pd., M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:06
Last Modified: 23 Jun 2021 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item