SEPTIAYU DWIRANI F.S, . (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU YANG MENGAJAR KETERAMPILAN (Studi Kasus Guru dengan Hambatan Pendengaran di Kelas I SLB B Santi Rama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. Surat Pengesahan.pdf Download (567kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (330kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (282kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (194kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru yang mengajar keterampilan (studi kasus guru dengan hambatan pendengaran di kelas I SLB B Santi Rama Jakarta Selatan). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran guru keterampilan dengan membuat program pembelajaran yang dikoreksi dan revisi oleh wakil kepala sekolah terkait penyusunan kalimat, dan memilih materi dan bahasa sesuai dengan kemampuan anak. Pada pembelajaran, guru mengajak anak bercakap terkait materi. Guru menggunakan keterarahan wajah ketika bercakap dengan anak untuk membaca ujaran bibir. Dalam kegiatan tanya jawab ketika anak tidak memahami dan tidak mampu membaca ujaran bibir guru, maka guru menerapkan asas kontras yaitu dengan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah lalu menunjukkan gambar, menunjukkan benda konkrit, atau menggunakan bahasa tubuh. Dalam pemberian tugas keterampilan, guru tidak mengajak anak bercakap, hanya memberikan instruksi dan memperagakan kegiatan keterampilan secara bertahap.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Murni Winarsih, M. Pd ; 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 08:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 08:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16313 |
Actions (login required)
View Item |