SASIKAWATI NURFITRIANI, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD HORTENSIA JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Hortensia RW 09 Cawang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (177kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
|
Text
12. a. BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
12. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
12. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
12. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
12. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Hortensia Cawang, Jakarta Timur) melalui metode bercerita menggunakan celemek cerita di kelompok A. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2018. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek peneltian adalah kelompok A PAUD Hortensia yang kemampuan menyimaknya masih rendah dengan jumlah sebanyak 14 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 75%. Sementara indikator keberhasilan penelitian 71% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kenaikan 75%. Hasil analisis data pada pra penelitian didapat presentase sebesar 41,06%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat menjadi 53,01%. Dari data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 89,02%. Hal ini berarti dari pra penelitian sampai siklus II memiliki kenaikan 47,96%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan menyimak anak usia dini dapat meningkat dengan pemberian tindakan berupa metode bercerita dengan celemek cerita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indah Juniasih, M.Pd 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 05:01 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 05:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16318 |
Actions (login required)
View Item |