PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIGBOOK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS KELOMPOK B DI RA AL-KAUTSAR)

RIA DWI SEPTYANI, . (2018) PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIGBOOK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS KELOMPOK B DI RA AL-KAUTSAR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK dan daftar riwayat hidup.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I revisi bismillah-acc .pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II REVISI BISMILLAH-TERBARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III- terbaru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB IV- analisis data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V- kesimpulan saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK- TERBARU.pdf

Download (158kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Image
lemba pesetujuan dan pengesahan ujian skipsi.jpg

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Image
surat keslian skipsi.jpg

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui media bigbook. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Kautsar Bogor. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 16 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus kemmis dan Teggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian dengan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media bigbook memperoleh data pada siklus I adalah 76,56% dan siklus II mencapai 85,16%. Hal tersebut menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media bigbook dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B di RA Al-Kautsar. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran melalui media bigbook dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak. Anak dapat mengetahui mengenal konsep matematika dengan cara yang menyenangkan mengenai membandingkan lebih banyak dan lebih sedikit, pengklasifikasan dan pengelompokan, pola urutan, pengukuran, geometri, bilangan dan penalaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Winda Gunarti, M.Pd ; 2). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:22
Last Modified: 28 Jun 2021 05:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item View Item