PERBANDINGAN PENGUASAAN KOSAKATA ANTARA SISWA TUNARUNGU YANG DIDIDIK MENGGUNAKAN MMR DAN NON MMR

AISAH ELDITA, . (2018) PERBANDINGAN PENGUASAAN KOSAKATA ANTARA SISWA TUNARUNGU YANG DIDIDIK MENGGUNAKAN MMR DAN NON MMR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (603kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (512kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
11A. BAB 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
11B. BAB II.pdf

Download (811kB)
[img] Text
11C. BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
11D. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11E. BAB v.pdf

Download (259kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penguasaan kosakata siswa tunarungu yang dididik menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) dan Non MMR. Fokus penelitian ini adalah penguasaan kosakata yang terdiri dari empat aspek, yaitu kata benda, kata sifat, kata kerja dan kata bilangan. Subjek penelitian adalah siswa Tunarungu kelas 1 di SLB Pangudi Luhur dan Kuntum Mekar 01 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Studi Komparatif dengan menggunakan desain penelitian Pre Test Post Test Control Group. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis. Bedasarkan deskripsi data menunjukan bahwa penguasaan kosakata bedasarkan aspek kata benda, kata sifat, kata kerja dan kata bilangan pada siswa yang dididik menggunakan MMR mendapat skor persentase saat Pre-Test 59,59% dan setelah Post-Test 79,08%. Sedangkan pada siswa yang dididik menggunakan metode Non MMR mendapat skor persentase saat Pre-Test 38,73% dan setelah Post-Test 54,38%. Dari masing-masing aspek penguasaan kosakata Pangudi Luhur memperoleh skor rata-rata antara lain adalah sebagai berikut ; Kata benda sebesar 53,4% (Pre-Test); 75,90% (Post-Test), kata sifat sebesar 52,72% (Pre-Test); 49,09 (Post-Test), kata kerja sebesar 49,09% (Pre-Test); 70,45% (Post-Test), dan kata bilangan sebesar 83,18% (Pre-Test); 93,63% (Post- Test). Sementara itu hasil yang diperoleh SLB Kuntum Mekar pada aspek penguasaan kosakata masing-masing memperoleh skor rata-rata antara lain adalah sebagai berikut; Kata benda sebesar 38,3% (Pre-Test); 52,55% (Post- Test), kata sifat sebesar 38,88% (Pre-Test); 52,55% (Post-Test), kata kerja sebesar 29,44% (Pre-Test); 48,33% (Post-Test), dan kata bilangan sebesar 48,33% (Pre-Test); 60,55% (Post-Test). Dengan demikian, penguasaan kosakata siswa yang dididik menggunakan MMR lebih besar dibanding siswa yang dididik dengan Non MMR. Diharapkan guru untuk menggunakan MMR, karena dapat lebih optimal untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Nov 2019 10:00
Last Modified: 19 Nov 2019 10:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item