PENINGKATAN HASIL BELAJAR NAIL ART MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VCD PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA RIAS Penelitian Tindakan di Program Studi Tata Rias, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, 2013

NURUL HIDAYAH, . (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR NAIL ART MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VCD PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA RIAS Penelitian Tindakan di Program Studi Tata Rias, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, 2013. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS NURUL TP-compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar nail art mahasiswa melalui penggunaan media pembelajaran berbentuk VCD, Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi tata rias angkatan 2011/2012 di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan 2 siklus. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui pengamatan dan kuesioner mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran nail art menggunakan VCD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 29% dari rata-rata kelas sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yakni tidak lagi ditemui mahasiswa yang mendapat nilai di bawah angka 70, sehingga ketuntasan belajar dapat tercapai 100%. ******* The object of this research is to increase learning outcomes nail art of colleger student by utilization VCD nail art college in cosmetology study, University Negeri Jakarta in 2011/2012. The methodology of research used action research on two cycles. Data obtained is qualitative data and quantitative data. Quantitative data obtained through test, while qualitative data obtained through observation and questionnaires to collager. The result showed that colleger study is achieved after doing the nail art manual paint learning process and sticker with VCD increasing ability of the colleger, the increase is 29% by average of college before. Therefore no longer met collager who scored below the 70, so that mastery leraning can be achived 100%.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Hartati Muchtar, M.Pd. ; 2). Dr. Much. Sukardjo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:40
Last Modified: 30 Jun 2021 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16397

Actions (login required)

View Item View Item