Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Media Visual Pada Siswa Kelas X Permesinan I di SMKN 5 Jakarta Timur

Ahmad Wisnu Anggara Saputra, . (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Media Visual Pada Siswa Kelas X Permesinan I di SMKN 5 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL (Ahmad Wisnu).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas X Permesinan I di SMKN 5 Jakarta melalui model problem based learning berbasis media visual. Media yang di gunakan dalam pembalajaran yaitu aplikasi autocad 2007. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/ siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data tentang aktivitas siswa diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas siswa pada setiap siklus. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis dan tes praktek kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin dengan menggunakan metode PBL. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa yang terlihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,59% (cukup) meningkat 9,72% pada siklus II menjadi 77,31% (baik). Dari 9 aspek yang diamati pada siklus I, 5 aspek masih dibawah KKM yaitu dalam aspek kesiapan siswa menerima pelajaran, keberanian siswa untuk bertanya, keberanian siswa dalam menyajikan temuannya, kemampuan siswa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, dan kemampuan memecahkan masalah sedangkan pada siklus II hanya 1 aspek yang belum mencapai KKM, yaitu keberanian siswa dalam menyajikan temuannya. Adanya peningkatan prestasi belajar terlihat dari peningkatan rata-rata nilai tes praktek dan nilai tes tertulis. Rata-rata nilai tes praktek pada siklus I yaitu 75,67 (63,33%) meningkat menjadi 78,67 (86,67%) di siklus II.. Sedangkan ratarata nilai tes tertulis pada siklus I yaitu 74,3 (56,70%) meningkat menjadi 80 (93,33%) di siklus II dari 30 siswa yang masih belum mencapai KKM pada tes praktek sebanyak 4 siswa (13,33%) sedangkan pada tes tertulis sebanyak 2 siswa (6,67%) diakhir siklus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Syaripudin, M.pd 2) I Wayan Sugita, ST,.MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Oct 2019 11:11
Last Modified: 10 Oct 2019 11:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item