PENGARUH METODE DAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII KABUPATEN PANDEGLANG (Studi Eksperimen Siswa kelas VII di MTs Negeri Cening)

OMAN FARHUROHMAN, . (2014) PENGARUH METODE DAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII KABUPATEN PANDEGLANG (Studi Eksperimen Siswa kelas VII di MTs Negeri Cening). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER TESIS...pdf

Download (26kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (89kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS .pdf

Download (75kB)

Abstract

This study aimed to look at the influence of instructional method and self efficacy toward students achievement in mathematics. The research method used in this study is an experimental method. While the design used is treatment by level 2 x 2 and research hypotheses were tested using two way analysis of variance (ANOVA). The study concluded that: (1) achievement in mathematics using project based learning method is higher than conventional teaching used lecturing method, (2) there was an interaction effect of instructional method and self efficacy toward students achievement in mathematics, (3) special groups students who have high self efficacy which using project based learning method is higher than the conventional teaching used lecturing method, and (4) special groups students who have low self efficacy which using project based learning method is lower than the conventional teaching used lecturing method. Based on the result of the study, achievement in mathematics can be improved use project based learning method which related to material and students self efficacy. *********** Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah teratment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang menggunakan metode project based learning lebih tinggi daripada hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi metode ceramah, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika, (3) pada kelompok siswa yang memiliki efikasi diri tinggi, hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode project based learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode ceramah, dan (4) pada kelompok siswa yang memiliki efikasi diri rendah, hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode project based learning lebih rendah daripada siswa yang metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode project based learning yang disesuaikan dengan materi dan efikasi diri siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Wardani Rahayu, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:26
Last Modified: 01 Jul 2021 07:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16400

Actions (login required)

View Item View Item