PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MUATAN PELAJARAN PPKN DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V A di SDN Manggarai 01 Pagi Kecamatan Tebet Jakarta Selatan)

NOVI FITRIYANI, . (2019) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MUATAN PELAJARAN PPKN DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V A di SDN Manggarai 01 Pagi Kecamatan Tebet Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (535kB)
[img] Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (459kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kepercayaan diri dalam muatan pelajaran PPKn dengan strategi The Power of Two. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Manggarai 01 Pagi Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A pada semester dua tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa Jenis metodologi penelitian ini adalah model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pengamatan/ observasi dan dokumentasi yang diambil pada saat muatan pelajaran PPKn berlangsung. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target penelitian yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 80% dari jumlah seluruh siswa memperoleh skor kepercayaan diri ≥80. Adapun hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari tindakan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada siklus I mencapai 83,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,7%. Di sisi lain, data yang diperoleh untuk tindakan siswa selama mengikuti muatan pelajaran PPKn dengan strategi The Power of Two pada siklus I mencapai 83,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,9%. Adapun persentase siswa yang mencapai skor kepercayaan diri ≥80 pada siklus I sebanyak 62,50% dan mencapai target pada siklus II dengan persentase 87,50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pelajaran PPKn dengan strategi The Power of Two dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, M.Pd ; 2). Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 02 Jul 2021 05:02
Last Modified: 02 Jul 2021 05:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16411

Actions (login required)

View Item View Item