NOVALDI IBRAHIM, . (2019) ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI PUSDIKLAT PERPUSNAS RI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (229kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang kebutuhan pelatihan manajemen perpustakaan yang diselenggrakan oleh PUSDIKLAT PERPUSNAS RI, mulai dari mengidentifikasi keadaan optimal, mengidentifikasi keadaan aktual, mengidentifikasi kesenjangan, mengidentifikasi factor penyebab kesenjangan, dan rekomendasi ahli terkait permasalahan yang terjadi. Proses analisis kebutuhan pelatihan mengadaptasi model Training Needs Assesment oleh Allison Rosset yang menghasilkan rekomendasi dari pertimbangan ahli untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian dilaksanakan di PUSDIKLAT PERPUSNAS RI JalanSalemba Raya No.28A Blok C Lantai 5, Jakarta 10430. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, dan angket. Wawancara dengan pihak PUSDIKLAT dilakukan terkait dengan permasalahan yang terjadi dan wawancara dengan pejabat struktural/calon pejabat structural semua jenis perpustakaan dilakukan untuk mengetahui factor penyebab kesenjangan. Studi dokumen merupakan kurikulum pelatihan manajemen perpustakaan yang memperoleh keadaan optimal. Angket dilakukan untuk mengetahui keadaan aktual. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenjangan terjadi pada semua aspek manajemen perpustakaan, hal tersebut menandakan kebutuhan pelatihan pejabat struktural/calon pejabat structural semua jenis perpustakaan. Kesenjangan disebabkan bahwa pejabat struktural/calon pejabat struktural semua jenis perpustakaan rata-rata tidak berlatar belakang pendidikan perpustakaan. Namun, hanya sedikit yang berlatar belakang perpustakaan. Rekomendasi dari ahli, pelatihan dapat melibatkan peserta turut aktif dengan dibuatkan kelompok agar dapat berdiskusi antar peserta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suprayekti, M.Pd ; 2). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 05:15 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 05:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16412 |
Actions (login required)
View Item |