PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK DICTOGLOSS (Suatu Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Cibinong)

RAHMA DEWI HARTATI, . (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK DICTOGLOSS (Suatu Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Cibinong). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover tesis 2014.pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK - DAFTAR ISI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
TESIS BAB 1-5 dan Daftar Pustaka.pdf

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan teknik dictogloss. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 42 siswa di SMA Negeri 4 Cibinong. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yaitu penelitian tindakan yang dilakukan melalui empat tahap. Pertama, perencanaan yang terdiri atas beberapa tahap berikut : melakukan praobservasi yaitu tujuannya untuk mengetahui gambaran awal kemampuan dan pengetahuan siswa, rancangan pembelajaran dengan teknik dictogloss, membuat lembar observasi, menyusun tes uji coba, memberikan tes awal(prates), memberikan tindakan dengan menggunakan teknik dictogloss, melakukan observasi, melakukan wawancara, memberikan tes pada setiap akhir siklus dan menganalisis untuk mengetahui perkembangan keterampilan menyimak setelah diberikan tindakan. Kedua, tindakan sesuai dengan kegiatan yang telah direncanakan. Ketiga, observasi selama tindakan berlangsung dengan mengamati proses menyimak siswa dengan menggunakan teknik dictogloss bersama kolaborator. Keempat, refleksi dengan mendata kesulitan-kesulitan siswa dalam menyimak menggunakan teknik dictogloss bersama kolaborator. Hasil kualitatif tersebut dapat terlihat bahwa teknik dictogloss mampu menjadikan siswa percaya diri dan merasa nyaman saat proses pembelajaran. Hal tersebut telah meningkatkan motivasi siswa untuk berperan aktif dan meningkatkan keterampilan menyimak. Dictogloss dengan menggunakan kata kunci, sangat membantu siswa memprediksi arah pertanyaan, dan mempermudah siswa memahami isi materi simakan sehingga siswa mampu mengingat, memahami, dan menganalisis materi simakan secara tepat dan cermat. Selain itu, hasil kuantitatif yang diperoleh berdasarkan rerata mengalami peningkatan secara signifikan, prates 67, siklus I meningkat menjadi 72.5, siklus II meningkat menjadi 78.9. Dari proses yang dipaparkan secara kualitatif, maka dapat disimpulkan teknik dictogloss efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa kegiatan berbicara dengan teknik dictogloss mampu meningkatkan keterampilan menyimak. ********** The research aims to improve listening skills through dictogloss technique in Indonesia Language. Data used in this study were students in this school, amount 42 students. In this research, the method being used was an Action Research with Kemmis & Taggart as the model, which is mean that the research was conducted four steps. First, planning, which consist of some steps: doing pre-observation at SMA Negeri 4 Cibinong in order to know the participants preliminary description,Second, action, it means create a scenario or learning design by dictogloss technique; create observation sheets; arrange a test pilot, provide pretest, provide action in the planning. Third, together with collaborator, doing observation during the action took place by observing in the process. Forth, do reflection by detailing the difficulties in activities of frequently asked questions and discussion through dictogloss technique. From these qualitative result, it can be seen that dictogloss technique are make students confidence, and easy when studying. It is very motivating students to engage directly in discussions and improving their listening skill. The students are able to predict the questions by identifying key words. Then, the students are also able to remember, understand, and analyze the subject accurately, besides they used to hear kinds of phonetics like monologue and dialogue. Meanwhile, from quantitative result, it appears that there was an increase from pre-test 67, in circle 1 improve to 72.5 and in circle 2 improve to 78.9. Result of qualitative and quantitative data above show that the dictogloss technique is very effective to improve and motivate student listening skill.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. ; 2). Dr. Aceng Rahmat, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 02 Jul 2021 08:01
Last Modified: 02 Jul 2021 08:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16428

Actions (login required)

View Item View Item