PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE REKOMENDASI PEMINATAN SEKOLAH LANJUTAN BAGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 234 JAKARTA

MUHAMMAD FAJRIN ABDUL ROHIM, . (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE REKOMENDASI PEMINATAN SEKOLAH LANJUTAN BAGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 234 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan aplikasi berbasis website rekomendasi peminatan sekolah lanjutan bagi peserta didik sekolah menengah pertama (SMP) dengan nama teman karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian Research & Development (R&D) serta model pengembangan waterfall. Penelitian dilakukan di SMPN 234 Jakarta dengan populasi kelas IX sejumlah 272 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel insidental. Pengumpulan data dengan menggunakan penyebaran angket kepada peserta didik. Pengujian terhadap aplikasi dilakukan dengan development testing, release testing, dan user testing. Pada release testing yang dilakukan melalui validasi uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 75% (layak) dan ahli materi sebesar 92% (sangat layak). Pada user testing melalui uji kegunaan terhadap tiga belas peserta didik mendapatkan persentase sebesar 82%. Teman karier juga dinilai tiga belas peserta didik membantu untuk mengenali jurusan yang sesuai pada sekolah lanjutan. Hasil dari penelitian ini untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan eksplorasi jurusan yang sesuai dengan dirinya. Pemberian kesadaran terhadap peserta didik mengenai sekolah lanjutan dilakukan dalam teman karier untuk membuat peserta didik lebih peduli dengan pilihan karirnya. Peserta didik diharapkan melakukan konsultasi dengan guru bimbingan dan dan orang tua mengenai laporan rekomendasi yang didapatkan dalam teman karier.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. ; 2). Dr. Happy Karlina M.M.Pd, Kons
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:17
Last Modified: 06 Jul 2021 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16457

Actions (login required)

View Item View Item