PENGEMBANGAN OBJEK BELAJAR UNTUK MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Mochamad Adhi Pradana Julianto, . (2019) PENGEMBANGAN OBJEK BELAJAR UNTUK MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (11kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (200kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (64kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. a. Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
10. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
10. e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa objek belajar untuk mata kuliah Pengembangan Media Video di http://fip.unj.ac.id/hylearn/. Sasaran pengembangan ini adalah mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan semester 6 yang mengambil mata kuliah Pengembangan Media Video. Objek belajar ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan model Rapid Prototyping yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) Assess Needs & Analysis Content: melakukan analisis kebutuhan, melihat karakteristik peserta didik, dan menganalisis konten yang akan dikembangkan (2) Set Objectives: penentuan tujuan pembelajaran dari pengembangan objek belajar (3) Construct Prototype: melakukan pengembangan produk (4) Utilize prototype: melakukan evaluasi ke ahli (expert review) dan uji coba pengguna (5) Install & Maintain System: memasang dan mengelola produk yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini telah melalui tahap (expert review) atau evaluasi yang melibatkan seorang ahli materi, ahli media dan ahli disain pembelajaran yang menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3.48 yang termasuk kedalam kategori penilaian sangat baik yang selanjutnya dilakukan uji coba pada pengguna dengan tahap one to one dan small group yang menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3.45 yang termasuk kedalam kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan objek belajar ini dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Media Video dalam pembelajaran mereka khususnya pada pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cecep Kustandi, M.Pd ; 2). Imbar Nursetyo, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:05
Last Modified: 06 Jul 2021 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16464

Actions (login required)

View Item View Item