MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE DEBATE PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V DI SDN CIRACAS 11 PAGI JAKARTA TIMUR

LINDAWATI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE DEBATE PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V DI SDN CIRACAS 11 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
03. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (626kB)
[img] Text
04. SCAN LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (223kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
11. a. BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11. b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
11. c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
11. d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (153kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model active learning tipe active debate di kelas V. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-C SDN Ciracas 11 Pagi, Ciracas, Jakarta Timur yang berjumlah 31 Siswa. Penelitian dilaksanakan dalam II Siklus. Hasil setelah dilakukan tindakan pada tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I diperoleh sebesar 60% sedangkan siklus II yaitu 87%. Adapun hasil pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I mencapai 57,5% dan 75%, sedangkan siklus II 80% dan 87,5%. Hasil pemantauan tindakan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,2% dan 70%, sedangkan pada siklus II mencapai 82% dan 86%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model active learning tipe active debate dapat dijadikan sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui dan menerapkan pembelajaran yang aktif dan efektif untuk mengembangkan kemampuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 06:52
Last Modified: 08 Jul 2021 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item