MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN LIGHT TABLE PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA MAMPU LATIH (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 1 Jakarta)

LIA MARLINA, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN LIGHT TABLE PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA MAMPU LATIH (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 1 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
14.a BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
14.b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
14.c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
14.d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
14.e BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna primer peserta didik dengan tunagrahita mampu latih melalui metode bermain light table di SLB Negeri 1 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dengan tunagrahita mampu latih kelas 1 di SLB Negeri 1 Jakarta yang berjumlah 3 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart. Model penelitian ini berupa siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan hasil pengamatan. Hasil yang diperoleh pada kemampuan awal belum mencapai ketuntasan yang diharapkan yaitu 70. Hasil tes evaluasi pada siklus I yaitu peserta didik mengalami peningkatan dalam keaktifan dalam kelas dan nilai namun nilai yang diperoleh belum mencapai target. Hasil tes evaluasi pada siklus II yaitu peserta didik dengan tunagrahita mampu latih mengalami peningkatan dalam kemampuan mengenal warna primer dan sudah mencapai batas ketuntasan. Metode bermain light table memberikan hasil positif pada kemampuan mengenal warna primer peserta didik dengan tunagrahita mampu latih. Maka dari itu, guru dapat menerapkan metode bermain light table dalam mengembangkan kemampuan mengenal warna peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M.Pd ; 2). Mohammad Arif Taboer, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:24
Last Modified: 08 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item