PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD (Studi Eksperimen Di Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan)

KARTIKA TRIANING RAHAYU, . (2019) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD (Studi Eksperimen Di Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (954kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD, pada materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi, semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng Atas 01 Pagi, Jakarta Selatan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 24 peseta didik untuk kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa pilihan ganda yang telah teruji validitas dan realibilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 3.08 sedangkan t-tabel pada taraf signifikasi 0.05 dan dk = 58 adalah sebesar 1.68, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pemberian penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 05:57
Last Modified: 13 Jul 2021 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item