RURY MARTININGRUM, . (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENGGUNAAN METODE KASUS DENGAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas IV SDN Cibubur 01 Pagi Ciracas Jakarta Timur). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover tesis.pdf Download (202kB) |
|
Text
abstrak ruryyyy.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (607kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (953kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
This study aimed to look at the effective use of the case method with value clarification techniques in icreasing of PKn achievement. The participants of this study from fourth grade in SDN 01 Cibubur, East Jakarta. The research method used in this study action research. While the model kemmis and Mc Taggart with step: (1) planning,(2) acting, (3) observation and (4) reflection. The study concluded that: (1) implementation of the case method with VCT can increase the PKN achievement (2) implementation of the case method with VCT can improve the student attitude, (3) implementation of the case method with VCT can growth student morall-value and (4) Implementation of the case method with VCT can increase student activity.This research can be implementation on learning because more effective to growth morall-value dan achievement increasing of student. *********** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode kasus dengan teknik VCT dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cibubur 01 Pagi, yang berlokasi di kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) penerapan metode kasus dengan teknik klarifikasi nilai (VCT) dalam kegiatan pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) penerapan metode kasus dengan teknik klarifikasi nilai (VCT) mampu mengasah aspek sikap siswa, (3) penerapan metode kasus dengan teknik klarifikasi nilai (VCT) memudahkan guru untuk menanamkan nilai dan moral pada siswa, dan (4) antusiasme siswa dalam pembelajaran PKn meningkat dengan adanya penerapan metode kasus dengan teknik klarifikasi nilai (VCT). Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru untuk menerapkan metode kasus dengan teknik klarifikasi nilai karena lebih efektif untuk menanamkan nilai dan moral seta meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Mulyono Abdurrahman, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Theresia K. Brahim |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 07:40 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 07:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16518 |
Actions (login required)
View Item |