PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Eksperimen pada Siswa Kelas V di SD Negeri Pancawati II Karawang

SINTA MARIA DEWI, . (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Eksperimen pada Siswa Kelas V di SD Negeri Pancawati II Karawang. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER1.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (907kB)
[img] Text
1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
2.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4.pdf

Download (413kB)
[img] Text
5.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

The objective of this research is to find out of the effect of learning media and self regulated learning toward the result of learning sosial science.The method used was experimental study design using treatment by level design 2x2. To test the normality of data Liliefors test was used and to test the homogenity Barlett test was used. After full feeling the analysis requirements, data significant test was done using ANAVA two-way and Q test was used to test the differennt average absolutes value between the two group interaction with level of significant ἁ =0,01 and ἁ =0,05. The research, findings show that: (1) as a whole that cd multimedia interactive is higher than presentation (2) theres is interaction between media and self regulated learning toward the result of learning social science (3) the result of learning cd multimedia interactive is higher than presentation which have the high of self regulated learning (4) the result of learning cd multimedia interactive is lower than the result presentation which have the low of self regulated learning. Based on the results of this study concluded that the learning media and self regulated learning toward the result of learning sosial science. Recommendation for teachers is to apply the learning media as a way ti improve the result of learning social science ************** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Pancawati II Klari Karawang. Peneltian ini menggunakan treatment by level desain 2x2. Untuk memenuhi persyaratan analisis dilakukan pengujian normalitas data menggunakan uji Liliefors dan homogenitas menggunakan uji Barlett. Setelah analisis varian (ANAVA) dua jalur untuk menguji perberdaan nilai rerata absolut antara dua kelompok yang dipasangkan, dilanjutkan uji Tukey untuk melihat interaksi kelompok dengan mengacu taraf signifikan ἁ =0,01 dan ἁ =0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan, media pembelajaran CD interaktif lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan media presentasi. (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS. (3) Hasil belajar IPS melalui media CD interaktif lebih tinggi dari hasil belajar IPS melalui media presentasi yang sama-sama memliki kemandirian belajar tinggi, diterima. (4) Hasil belajar IPS melalui media CD interaktif lebih rendah dari hasil belajar IPS melalui media presentasi yang sama-sama memiliki kemandirian belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rekomendasi bagi guru adalah agar menerapkan media pembelajaran sebagi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ucu Cahyana, M.Si. ; 2). Dr. Etin Solihatin
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Jul 2021 08:01
Last Modified: 13 Jul 2021 08:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16524

Actions (login required)

View Item View Item