PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENEMBAK SAMBI MELAYANG (LAY UP SHOT) BOLABASKET (Studi Eksperimen di SMA Negeri 6 Depok)

SYAHRIAD, . (2014) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENEMBAK SAMBI MELAYANG (LAY UP SHOT) BOLABASKET (Studi Eksperimen di SMA Negeri 6 Depok). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS PDF SYAHRIAD-compressed.pdf

Download (5MB)

Abstract

This study aims to determine the effect of teaching style to learning outcomes of basketball lay up shot, teaching style used is the reciprocal style and practise style. In addition, this study also aims to determine the effect of coordination on both of teaching styles, which are high coordination and low coordination. This research is conducted at SMAN 6 Depok, using experimental method. The instruments used in this study are: learning outcomes of basketball lay up shot and coordination.The hypothesis testing in this study uses analysis of variance (ANOVA) two lanes and Tukey test. Validation of the instrument is tested with Face Validity, this approach is done by consulting the instruments to the experts judgement and instrument reliability uses test and re-test technique, calculation using product moment correlation. Data analysis technique uses variance analysis technique (ANOVA) with a two-lane design 2 x 2 treatment, followed by Tukey's test to see the interaction and differences between groups. Prior to the hypothesis testing, firstly the analysis requirement testing is done which is data normality testing using Lilliefors test and homogeneity test through Bartlett's test. In general, the analysis results shows that: (1) Overall there are significant differences between the reciprocal style and practice style on learning outcomes of basketball lay up shot; (2) There is an interaction between the teaching style and coordination to the learning outcomes of basketball lay up shot; (3) For students who have a high coordination is better learning by reciprocal style than those taught by the practice style on learning outcomes of basketball lay up shot (4) For students who have a low coordination taught with practice style as well as taught by the reciprocal style on learning outcomes of basketball lay up shot ************ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar terhadap hasil belajar menembak sambil melayang (lay up shot) bolabasket, gaya mengajar yang digunakan adalah gaya resiprokal dan gaya latihan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh koordinasi pada kedua gaya mengajar, yang ditinjau dari koordinasi tinggi dan koordinasi rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Depok, dengan menggunakan metode experimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: hasil belajar menembak sambil melayang (lay up shot) bolabasket dan koordinasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Validasi instrumen diuji dengan pendekataan Face Validity, pendekatan ini dilaksanan dengan mengkosultasi instrumen yang dibuat oleh peneliti ke para ahli dan reliabilitas instrumen dengan teknik test re-test dan penghitungan menggunakan korelasi product moment. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan disain perlakuan 2 x 2, yang dilanjutkan dengan uji Tukey untuk melihat interaksi dan perbedaan antara kelompok. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas melalui uji Barlett. Secara umum, hasil analisis menggambarkan bahwa: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya resiprokal dan gaya latihan terhadap hasil belajar menembak sambil melayang (lay up shot) bolabasket; (2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi terhadap hasil belajar menembak sambil melayang (lay up shot) bolabasket; (3) Bagi siswa yang memiliki koordinasi tinggi, belajar dengan gaya resiprokal lebih baik dibanding yang diajar dengan gaya latihan terhadap hasil belajar menembak sambil melayang (lay up shot) bolabasket; (4) Bagi siswa yang memiliki koordinasi rendah yang diajar dengan gaya latihan sama baiknya dengan yang diajar dengan gaya resiprokal untuk hasil belajar menembak sambil melayang (lay up shot) bolabasket.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. ; 2). Dr. Hernawan, S.E, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:32
Last Modified: 14 Jul 2021 07:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item View Item