MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN HITUNG ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Hambatan Pendengaran Kelas II di SLB B Kembar Karya Jakarta Timur )

Syahrah Fitriah, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN HITUNG ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Hambatan Pendengaran Kelas II di SLB B Kembar Karya Jakarta Timur ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penjumlahan 1-10 dengan menggunakan media papan hitung penjumlahan pada peserta didik hambatan pendengaran kelas II. Penelitian dilaksanakan di SLB B Kembar Karya dengan subjek penelitian sebanyak 5 orang peserta didik. Desain penelitian ini mengadaptasi dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan tindakan, serta refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis setiap data yang didapat dari catatan hasil lapangan, catatan hasil wawancara, dokumentasi serta lembar evaluasi selama penelitian. Hasil yang diperoleh peserta didik dalam 2 siklus mengalami peningkatan sesuai dengan harapan peneliti. Secara keseluruhan mengalami peningkatan sesuai dengan standar target pencapaian keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu sebesar 70. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media papan hitung penjumlahan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada peserta didik dengan hambatan pendengaran kelas II di SLB B Kembar Karya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Purwani Budiastuti ; 2). Marja, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2019 11:59
Last Modified: 19 Nov 2019 11:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item