PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA 2 SMA ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING

WIJI NUGROHO, . (2014) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA 2 SMA ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS WIJI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika sebagai ilmu yang mengedepankan daya nalar dan logika manusia perlu mendapat perhatian dalam proses pembelajarannya di kelas, baik kurikulum, materi pelajaran, fasilitas, dan cara penyampaiannya kepada siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan SMAI Al Azhar Kelapa Gading Jakarta ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran matematika sehingga hasil belajar matematika siswa masih rendah. Nilai rata-rata ujian suku banyak siswa kelas XI IPA 2 tahun pelajaran 2013-2014 sebesar 59,60. Sebaran nilai rata-rata ulangan semester ganjil siswa kelas XI IPA, dimana hanya 4 siswa atau 16,67 % siswa yang memenuhi nilai SKBM sebesar 75,00, sedangkan sebanyak 20 siswa atau 83,33% siswa yang memperoleh nilai di bawah 75 yang merupakan nilai SKBM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan penalaran matematis trigonometri siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan metakognitif dengan model advance organizer. Penelitian ini dilakukan sejak bulan April sampai bulan juni 2014 di kelas XI IPA 2 SMAI Al Azhar Kelapa Gading Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis classroom action research (penelitian tindakan kelas) yang dilakukan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap analisis, dan tahap refleksi. Teknik yang digunakan untuk memvalidasi data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi dengan membandingkan data yang didapatkan selama penelitian dengan wawancara dan bantuan pengamat lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru berperan penting dalam membimbing siswa dan mengamati jalannya diskusi kelompok sehingga terbentuk aktivitas diskusi yang efektif, penerapan pendekatan keterampilan metakognitif dengan model advance organizer dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Model advance organizer juga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan penalaran matematis khususnya pada pokok bahasan trigonometri. Wawancara siswa, diskusi kelompok, dan lembar penyelesaian siswa dapat me Nilai rata-rata pra penelitian sebesar 60,95. Selama diterapkan model advance organizer, nilai rata-rata siswa pada siklus I menjadi 66,96 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 69,05 serta meningkat kembali pada siklus III menjadi 73,50. Jumlah siswa yang memenuhi SKBM pada pra penelitian sebanyak 4 siswa atau 25%, pada siklus I meningkat menjadi 6 siswa atau 50%, pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa atau 55% dan pada siklus III sebanyak 16 siswa atau 66%

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Anton Noornia, M.Pd. ; 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:36
Last Modified: 15 Jul 2021 07:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item