PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP SELFEFFICACY MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Taufan Yudhantara, . (2016) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP SELFEFFICACY MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
jurnal skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap self-efficacy menyusun skripsi pada mahasiswa.Pengambilan data penelitian ini berlangung di Universitas Negeri Jakarta pada 21 Desember sampai 7 Januari 2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel berjumlah 119 orang di UNJ. Pengumpulan data menggunakan alat ukur self-efficacy menyusun skripsi berdasarkan dimensi Bandura: Magnitude, Generality dan Strength. Alat ukur dukungan sosial orang tua berdasarkan dimensi menurut Curtona dan Russel : reliable alliance, reassurance of worth, guidance, attachment, social integration, dan opportunity of nurturance. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis nol Ho ditolak dan hipotesis alternatif Ha Diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial orang tua terhadap self-efficacy menyusun skripsi pada mahasiswa. Persamaan regresi adalah Self-efficacy = 33,309 + 0,515 Dukungan sosial orang tua. Taraf signifikansi p = 0,000 < 0,05 dan nilai F = 103.558. Besarnya pengaruh (R Square) dukungan sosial orang tua adalah 0.47 (47%). Dapat diinterpretasikan terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap self-efficacy menyusun skripsi pada mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi ; 2). Drs. Herwanto, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2019 12:20
Last Modified: 19 Nov 2019 12:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item