PENGEMBANGAN INSTRUMEN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA SMA

YUNIS ANDRIANI, . (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER+DAFTAR ISI.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I-II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-V.pdf

Download (877kB)

Abstract

The purpose of this research is to develop an instrument for measuring the environmental ethics for senior high school (SMA) students. The sample of this research was taken using multistage random sampling technique. The development of statements item in the instrument is based on the expert judgement and panelist. The measurement scale was taken using Likert scale. The results expert judgement is 61 items. The instrument was tried out twice to 610 senior high school students in Jakarta, Kabupaten Bogor and Lampung. The data analysis using Structural Equation Modeling (SEM). The results indicated that at the first try out, 9 items were dropped. Based on model appropriate, the results indicated that at the second try out the model has been fit (model fit), and 3 items were dropped. The final instrumen cosisted of 49 items. It can be concluced that the instrument environmental ethics has an appropriate construct validity and reliability. Further try out is still needed to standardize the instrument. ********** Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah instrumen yang mengukur etika lingkungan hidup pada siswa SMA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah acak bertahap (multistage random sampling). Pengembangan butir pernyataan berdasarkan uji teoritik pada pakar dan panelis. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Likert. Berdasarkan uji pakar dan panelis ini menghasilkan 61 butir pernyataan. Uji coba dilakukan dua tahap pada 610 siswa SMA di Jakarta, Kabupaten Bogor dan Lampung. Analisis Data menggunakan model persamaan struktural (SEM). Hasil uji coba pertama, butir yang direduksi sebanyak 9 butir. Setelah sebelumnya model diperbaiki (respesifikasi). Pada uji coba kedua berdasarkan uji kecocokan model, sudah memenuhi kriteria sebagai model fit dan tidak perlu diperbaiki lagi, dengan butir yang direduksi sebanyak 3 butir pernyataan, sehingga instrumen akhir ini terdiri dari 49 butir. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, maka dapat disimpulkan instrumen ini sudah valid dan reliabel. Uji coba selanjutnya masih diperlukan dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan lebih beragam untuk menghasilkan instrumen yang baku.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Gaguk Margono, M.Ed. 2). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S2 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:40
Last Modified: 15 Jul 2021 09:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item