HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA - TANGAN DENGAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN BOAST FOREHAND PADA MAHASISWA KLUB SQUASH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AHMAD AJI KURNIAWAN, . (2019) HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA - TANGAN DENGAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN BOAST FOREHAND PADA MAHASISWA KLUB SQUASH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Koordinasi Mata dan Tangan dengan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Ketepatan Pukulan Boast Forehand Pada Mahasiswa Klub Squash Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2018 di Lab Olahraga Prestasi FIK UNJ dan di gedung squash BSD City – Kab. Tangerang. dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu teknik korelasi. Dimana koordinasi mata tangan dengan tes koordinasi mata tangan, mengukur kekuatan otot lengan dengan tes push and pull dynamometer, dan ketepatan pukulan boast forehand dengan tes ketepatan pukulan boast forehand. Ketiga data yang dikumpulkan tersebut kemudian dikorelasikan dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang tergabung dalam klub squash Universitas Negeri Jakarta, kemudian pengambilan sampel adalah semua mahasiswa klub squash Universitas Negeri Jakarta untuk dijadikan sampel dengan jumlah 14 orang dengan teknik total sampling. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistika korelasi sederhana dan korelasi ganda menggunakan uji r dengan taraf signifikan α= 0,05 dan nilai n = 14. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka diperoleh koefisien (rx1y) = 0,66 dengan t hitung sebesar 3,08 dan t tabel sebesar 2,179. Karena t hitung > t tabel maka terdapat hubungan positif antara koordinasi mata dan tangan dengan ketepatan pukulan boast forehand. Sedangkan untuk kekuatan otot lengan dengan ketepatan pukulan boast forehand diperoleh nilai koefisien (rx2y) = 0,79 dengan t hitung sebesar 4,46 dan t tabel sebesar 2,179. Karena t hitung > t tabel maka terdapat hubungan positif. Jika kedua variabel secara bersama-sama diperoleh nilai koefisien korelasi (ry12) = 0,96 dengan F hitung sebesar 7,05 dan F tabel sebesar 3,96. Karena F hitung > F tabel maka terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan pukulan boast forehand. Uji koefisien determinasi r2x1y sebesar 44,18% sedangkan 55,82% merupakan faktor lainnya yang berhubungan dengan ketepatan pukulan boast forehand. Koefisien determinasi untuk r2x2y sebesar 62,41% sedangkan 37,59% merupakan faktor lainnya yang berhubungan dengan ketepatan pukulan boast forehand. Koefisien determinasi untuk r2y1-2 sebesar 92,16% sedangkan 7,84% merupakan faktor lainnya yang berhubungan dengan ketepatan pukulan boast forehand. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara koordinasi mata dan tangan dengan ketepatan pukulan boast forehand, terdapat hubungan positif antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan pukulan boast forehand serta terdapat hubungan positif koordinasi mata dan tangan dengan kekuatan otot lengan secara bersama-sama terhadap ketepatan pukulan boast forehand pada mahasiswa klub squash Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Purwanto, M.Pd. ; 2). Rina Ambar Dewanti, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 21 Jul 2021 06:22
Last Modified: 21 Jul 2021 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item