UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V DI SDN 05 PAGI KALIDERES JAKARTA BARAT

DEBY RAHMAD ANDRIANZAH, . (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V DI SDN 05 PAGI KALIDERES JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
2. ABSTRAK NEW.pdf

Download (15kB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI.pdf

Download (526kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Pagi Kalideres Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang-bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimulai pada tanggal 18 Juli 2019 sampai tanggal 31 Juli 2019, dan jadwal mengajar setiap hari Selasa pukul 08.00 WIB. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SDN 05 Pagi Kalideres Jakarta Barat untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah 76. Perubahan atau peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan metode bermain dapat dilihat pada hasil penilaian proses passing bawah bola voli. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1). Masih banyak siswa yang belum paham akan teknik gerakan passing bawah. 2). Masih banyak siswa yang belum dapat melakukan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Nilai ketuntasan siswa disiklus I mencapai 55%, akan tetapi walaupun sudah 50% lulus masih banyak siswa yang belum mendapatkan nilai di atas dari KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu 76. Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1). siswa dapat menguasai konsep pembelajaran passing bawah berpasangan permainan bola voli dengan baik dan benar, 2) siswa dapat melakukan tahapan passing bawah bola voli berpasangan dengan benar. 3) seluruh siswa dapat menjelaskan dan mempraktikan cara gerakan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dalam hasil belajar menggunakan metode bermain, tes awal nilai rata-rata siswa 67,91, siklus I nilai rata-rata siswa 75,20 dan siklus II nilai rata-rata siswa 86,24. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 9 siswa (22,5%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas 22 siswa (55%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 40 siswa (100%). ************** This study aims to improve or improve student learning outcomes in learning to pass under a mini volleyball. This research was conducted at SDN 05 Pagi Kalideres, West Jakarta. The method used is the Classroom Action Research method. The implementation of this action research involved experts in the fields of physical education especially the volleyball branch as a collaborator. The study was conducted in 2 cycles, namely cycle I and cycle II, starting on July 18, 2019 until July 31, 2019, and teaching schedules every Tuesday at 08.00 WIB. Minimum completeness criteria (KKM) established by SDN 05 Pagi Kalideres West Jakarta for Physical Education subjects is 76. Changes or improvements in students' abilities in learning to pass under volleyball using the play method can be seen in the results of the assessment process under volleyball passing. The first cycle activity that is realized through action I gives the following results: 1). There are still many students who do not understand the passing passing technique. 2). There are still many students who have not been able to pass under the volleyball game correctly. The value of students completeness in cycle I reaches 55%, but even though 50% have passed there are still many students who have not received the above value from the KKM determined by the school which is 76.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd. ; 2). Sujarwo, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:24
Last Modified: 23 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16614

Actions (login required)

View Item View Item