USNAZIQYAH RAQFIKA, . (2016) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI DALAM PENDEKATAN TERAPI KOGNITIF-PERILAKU UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN PADA MAHASISWA (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER, LEMBAR PENGESAHAN dll.pdf Download (600kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Download (211kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (228kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (423kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (74kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik instruksi diri dalam pendekatan terapi kognitif-perilaku untuk mengurangi kejenuhan pada mahasiswa yang memiliki kejenuhan tinggi dalam menjalani rutinitas perkuliahan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, dengan satu responden yaitu mahasiswa berinisial AWU yang merupakan mahasiswa dari jurusan Bimbingan dan Konseling angkatan 2013. Responden diambil dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Penelitian ini adalah Penelitian Subjek Tunggal dengan menggunakan desain A-B, dimana A adalah kondisi baseline yang belum diberikan intervensi dan B adalah kondisi intervensi dengan teknik Instruksi Diri yang diberikan kepada AWU yang mengalami kejenuhan tinggi pada dirinya. Layanan yang diberikan adalah layanan responsif yaitu konseling individu yang terdiri 3 fase, yaitu; (1) konseptualisasi masalah yang dihadapi oleh konseli, (2) melakukan teknik instruksi diri, (3) mengevaluasi proses konseling dan mengakhiri konseling. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan adanya penurunan tingkat kejenuhan konseli pada setiap dimensi kejenuhan yaitu dimensi kelelahan, sinisme dan ketidakberhasilan dengan penerapan teknik Instruksi Diri dalam waktu 10 kali penerapan pada kondisi intervensi. Teknik ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh konseli karena dengan senang hati konseli melakukannya tanpa paksaan dari pihak manapun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Awaluddin Tjalla ; 2). Dra. Indira Chanum, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 15:09 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 15:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1664 |
Actions (login required)
View Item |