DIAN DWI LESTARI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN GUNTUR JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (270kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (402kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (322kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (80kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
11a. BAB 1.pdf Download (306kB) |
|
Text
11b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
Text
11c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text
11d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
11e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Guntur Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal, yaitu post test only control group design. Validasi yang digunakan adalah Point Biserial yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Khuder Richardson 20 (KR-20) yang menunjukkan nilai r = 0,913 yang berarti reliabilitas sangat tinggi. Hasil perhitungan skor instrumen kedua kelas dihitung dengan uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas bersifat homogen. Teknik analisis data menggunakan Uji-t (t-student). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,38 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,59. Hasil uji-t menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat keabsahan (db) thitung = 18,72 > ttabel = 1,67 ini berarti hipotesis uji-t adalah H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd, ; 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 07:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 07:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16664 |
Actions (login required)
View Item |