PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN GUNTUR JAKARTA SELATAN

DIAN DWI LESTARI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN GUNTUR JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
11a. BAB 1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
11b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
11c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
11d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
11e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Guntur Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal, yaitu post test only control group design. Validasi yang digunakan adalah Point Biserial yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Khuder Richardson 20 (KR-20) yang menunjukkan nilai r = 0,913 yang berarti reliabilitas sangat tinggi. Hasil perhitungan skor instrumen kedua kelas dihitung dengan uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas bersifat homogen. Teknik analisis data menggunakan Uji-t (t-student). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,38 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,59. Hasil uji-t menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat keabsahan (db) thitung = 18,72 > ttabel = 1,67 ini berarti hipotesis uji-t adalah H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd, ; 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:28
Last Modified: 30 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16664

Actions (login required)

View Item View Item