PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD

WAHYU AJENG SARASTIKA, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (167kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (211kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (676kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (881kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA tentang sistem pencernaan manusia sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih aktif, menyenangkan, bermakna, serta membuat peserta didik menjadi mandiri. Penelitian dilaksanakan di SDN Rawa Buaya 08 Pagi dengan sampel yang digunakan sebanyak 13 siswa. Responden dalam penelitian ini terdiri dari uji ahli (uji media, uji bahasa, dan uji materi), uji coba one to one, dan uji coba small group. Data diperoleh melalui pemberian angket kepada masing-masing responden. Hasil pengembangan Torso Sistem Pencernaan Manusia dinilai oleh ahli media dengan kelayakan produk 88,3%, ahli materi dengan kelayakan 90%, dan ahli bahasa dengan kelayakan 93,3%. Semua penilaian masuk ke dalam kategori sangat baik. Tahap selanjutnya Torso Sistem Pencernaan Manusia dinilai oleh 3 responden (uji coba one to one) dengan kelayakan produk 90%. Berikutnya Torso Sistem Pencernaan Manusia diujicobakan kepada 20 responden (uji coba small group) dengan kelayakan produk 90,3%. Penilaian yang dilakukan responden masuk ke dalam kategori sangat baik.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini harus terus dilakukan. Implikasi hasil penelitian ini adalah menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan bermakna bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliatty, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2019 15:49
Last Modified: 19 Nov 2019 15:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item