CINDY AUDINA, . (2019) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP SIKAP ILMIAH PADA MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN KEBON BARU, JAKARTA SELATAN (Studi Eksperimen di SDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Skripsi Cindy.pdf Download (117kB) |
|
Text
2. Abstrak dan Abstract Skripsi Cindy.pdf Download (202kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan Skripsi Cindy.pdf Download (574kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas Skripsi Cindy.pdf Download (515kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar Skripsi Cindy.pdf Download (185kB) |
|
Text
7. Daftar Isi Skripsi Cindy.pdf Download (99kB) |
|
Text
11. Bab I Skripsi Cindy.pdf Download (208kB) |
|
Text
11. Bab II Skripsi Cindy.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
11. Bab III Skripsi Cindy.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text
11. Bab IV Skripsi Cindy.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text
11. Bab V Skripsi Cindy.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka Skripsi Cindy.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas V pada muatan IPA. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan sebanyak 28 peserta didik. pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, dengan desain posttest only control. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen non-tes berbentuk angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya dengan koefisien korelasi yang didapat sebesar 0,898. Kemudian data angket dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan analisis data angket yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya didapatkan hasil bahwa kelas eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, hipotesis statistik diuji menggunakan uji t dengan taraf signifikansi ∝ = 0,05. Setelah diuji, maka didapat hasil nilai thitung = 6,669 dan nilai ttabel 2,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata sikap ilmiah peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memberikan pengaruh terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd ; 2). Drs. Waluyo Hadi, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:46 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16739 |
Actions (login required)
View Item |