Winda Yunita Putri, . (2016) PENGGUNAAN PUZZLE ABJAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Autisme Kelas III di SLB Bina Sejahtera Cileungsi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_PLB FIP UNJ_WINDA YUNITA PUTRI 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di SLB Bina Sejahtera Cileungsi melalui media puzzle abjad pada peserta didik autisme kelas III. Fokus dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan dalam mengenal huruf vokal dan konsonan bilabial yaitu membunyikan serta menunjukkan huruf dengan penggunaan puzzle abjad. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Juni sampai bulan Desember pada semeseter 7/103 tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik autisme SLB Bina Sejahtera Cileungsi yang berjumlah tiga peserta didik. Penggunaan model penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah metode dari Kemmis dan Mc Taggrat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan membaca permulaan pada peserta didik autisme siklus I, yaitu AYS 62, NR 50 dan PT 31. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai perolehan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik autisme, yaitu AYS 81, NR 62 dan PT 50. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media puzzle abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik autisme kelas III di SLB Bina Sejahtera Cileungsi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Ishak G. Bachtiar, M.Pdd ; Drs.Bahrudin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 10:45 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 10:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1675 |
Actions (login required)
View Item |