PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 51 JAKARTA

ARDHY YUWONO, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 51 Jakarta pada bulan Juni 2020 sampai dengan bulan April 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control group pretest-posttest design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah itu, diberikan posttest untuk mengetahui keadaan akhir adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi target penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 51 Jakarta yang berjumlah 896 siswa, sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 51 Jakarta yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel penelitian pertama berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen (XI IPS 3) dengan menggunakan media evaluasi pembelajaran game edukasi kahoot! dan sampel penelitian kedua berjumlah 30 siswa untuk kelas kontrol (XI IPS 2) dengan tanpa perlakuan atau hanya menggunakan media tertulis berupa LKS. Instrumen penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda sebanyak 40 soal atau pertanyaan setelah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, di mana setiap soal memiliki skor 1 pada jawaban yang benar dan skor 0 pada jawaban yang salah. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (XI IPS 3) lebih besar daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol (XI IPS 2), di mana nilai rata rata hasil belajar kelas eksperimen (XI IPS 3) sebesar 89,53, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (XI IPS 2) sebesar 76,7. Pada hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai t hitung sebesar 4,97 dan nilai t tabel sebesar 2,00 pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05), yang artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel atau thitung > ttabel (H0 ditolak dan H1 diterima). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 51 Jakarta. This mini thesis research aims to determine the effect of the use of learning evaluation media based on the kahoot educational game against student learning outcomes in history subjects at senior high school 51 Jakarta. This research was conducted at senior high school 51 Jakarta from June 2020 to April 2021. This study use a quantitative approach with experimental research methods. The reasearch design use a randomized control group pretest-posttest design. In this design, there were two groups that were randomly selected, then given a pretest to determine whether the initial state was any difference between the experimental group and the control group. After that, a posttest was given to determine the final state of whether there was a difference between the experimental group and the control group. The target population of this study were all students of senior high school 51 Jakarta, amounting to 896 students, while the affordable population was class XI IPS senior high school 51 Jakarta, totaling 144 students. The sampling technique for this research was simple random sampling. The first research sample consisted of 30 students for the experimental class (XI IPS 3) using the learning evaluation media kahoot! and the second research sample of 30 students for the control class (XI IPS 2) without treatment or only using writen media in the form of worksheets. This research instrument uses a multiple choice objective test of 40 questions after validity and reliability tests, where each question has a score of 1 on the correct answer and a score of 0 on the wrong answer. The data analysis of this research use statistical analysis t test. The results showed that the average value of student learning outcomes in the experimental class (XI IPS 3) was greater than the average value of student learning outcomes in the control class (XI IPS 2), where the average value of learning outcomes in the experimental class (XI IPS 3) amounted to 89,53, while the average value of the control class (XI IPS 2) learning outcomes was 76,7. In the results of hypothesis testing, the value is 4,97 and the t table value is 2,00 at the 95% confidence level (α = 0,05), which means that the t value is greater than the value of t table or t count > t table (H0 is rejected and H1 is accepted). This showed that there is an effect on the use of learning evaluation media based on the kahoot! educational game against student learning outcomes in history subject at senior high school 51 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M. Fakhruddin, M.Si. ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 10678 not found.
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:15
Last Modified: 09 Jun 2022 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16790

Actions (login required)

View Item View Item