ALWINSYAH TUNGGUL ISMAIL, . (2018) Pengaruh Model Berkendara “Stop and Go” dan Kontinuitas Kendaraan Urban Concept Tim Batavia Terhadap Efisiensi Bahan Bakar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. SKRIPSI ALWINSYAH.T.I 5315125262.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang dihabiskan oleh kendaraan urban concept Tim Batavia, ketika model mengemudikan kendaraan yang mencakup kecepatan dan metode berkendara yang berbeda diterapkan. Kemudian dapat diketahui konsumsi bahan bakar minimum yang dihabiskan oleh kendaraan urban concept Tim Batavia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dua buah metode berkendara yaitu, stop and go dan kontinuitas dengan tiga varian kecepatan rata – rata yaitu, 16 km/jam, 18 km/jam, dan 20 km/jam. Masing – masing varian diuji dengan kedua metode secara bergantian dengan kendaraan pada lintasan sepanjang 832 meter. Proses pengujiannya adalah dengan menjalankan kendaraan sesuai dengan pola pengendaraan yang telah ditentukan berdasarkan pengujian. Masing – masing varian kecepatan dilakukan pengujian minimal sebanyak 3 kali dengan kedua metode. Setelah itu banyaknya bahan bakar yang dihabiskan diukur dengan tabung ukur dan setiap data pengujian akan terekam pada ECU, kemudian peneliti dapat mengambil data yang dihasilkan oleh engine kendaraan. Hasil dari eksperimen ini adalah didapat berkendara dengan metode stop and go menghabiskan bahan bakar lebih sedikit dibandingkan metode kontinuitas. Dengan metode stop and go AFR rata – rata > 13 : 1 dan tekanan absolut rata – rata pada intake manifold > 60 kPa, serta dengan metode kontinuitas AFR rata – rata < 13 : 1 dan tekanan absolut rata – rata pada intake manifold < 60 kPa. Varian kecepatan tiga dengan kecepatan rata-rata 20.95 km/jam mengkonsumsi bahan bakar paling rendah sebanyak 66.83 km/l dengan metode stop and go dan 44.63 km/l dengan metode kontinuitas, kemudian varian kecepatan dua dengan kecepatan rata – rata 18.37 km/jam mengkonsumi bahan bakar sebanyak 51.74 km/l dengan metode stop and go dan 35.4 km/l dengan metode kontinuitas, serta varian kecepatan satu dengan kecepatan rata – rata 16.83 km/jam mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 53.43 km/l dengan metode stop and go dan 34.49 km/l dengan metode kontinuitas. Konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit pada metode stop and go disebabkan karena pada metode ini pengemudi memanfaatkan inersia kendaraan untuk melakukan perpindahan tanpa menyalakan engine.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Catur Setyawan Kusumo, M.T 2) Setyadi, S.T., M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 11:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 11:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |