PENGARUH METODE KUPAS RANGKAI SUKU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV ( Single Subject Research di Nufa Islamic Education Center, Bekasi)

ARFIENA NURUL FAJRIAH, . (2019) PENGARUH METODE KUPAS RANGKAI SUKU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV ( Single Subject Research di Nufa Islamic Education Center, Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (27kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (Scan).pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (Scan).pdf

Download (168kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (18kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode kupas rangkai suku kata dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan subjek tunggal. Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes secara lisan dengan melihat hasil berapa banyak jumlah kata yang dibaca oleh siswa dengan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku membaca permulaan pada kata dengan huruf digraf “ng” dan “ny” pada siswa tunagrahita mengalami peningkatan dari kondisi baseline awal ke kondisi baseline akhir, terutama pada kemampuan membaca huruf digraf “ny” di tengah kata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode kupas rangkai suku kata memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita dan dapat digunakan sebagai alternatif pada metode pembelajaran di Nufa Islamic Education Center, Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Irah Kasirah, M.Pd ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:10
Last Modified: 18 Aug 2021 04:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item