Anita Rachman, . (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MUATAN IPA TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (228kB) |
|
Text
3. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (66kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (100kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (62kB) |
|
Text
11 a. BAB 1.pdf Download (89kB) |
|
Text
11 b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
11 c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
11 d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
11 e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model sains teknologi masyarakat dalam muatan IPA terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD yang berada di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang terdiri dari 32 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu dilakukan dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak melalui pengundian, sehingga terpilihlah sampel pada penelitian ini yaitu SDN Menteng Atas 14, Kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan dengan kelas V D sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol sebanyak 56 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh dengan hasil thitung sebesar 4,12 > ttabel 1,67 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD di Kecamatan Setiabudi. Untuk itu, model sains teknologi masyarakat dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 07:56 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 07:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16907 |
Actions (login required)
View Item |