PENGARUH PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MUATAN IPA TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

Anita Rachman, . (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MUATAN IPA TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
3. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (66kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (62kB)
[img] Text
11 a. BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
11 b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
11 c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
11 d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
11 e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model sains teknologi masyarakat dalam muatan IPA terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD yang berada di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang terdiri dari 32 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu dilakukan dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak melalui pengundian, sehingga terpilihlah sampel pada penelitian ini yaitu SDN Menteng Atas 14, Kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan dengan kelas V D sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol sebanyak 56 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh dengan hasil thitung sebesar 4,12 > ttabel 1,67 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD di Kecamatan Setiabudi. Untuk itu, model sains teknologi masyarakat dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:56
Last Modified: 20 Aug 2021 07:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item