HUBUNGAN ANTARA POLA TIDUR DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA

RONA SAFARINA, . (2021) HUBUNGAN ANTARA POLA TIDUR DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy

Abstract

Rona Safarina. Hubungan Antara Pola Tidur dan Lingkungan Keluarga dengan Tingkat Konsentrasi Mahasiswa Tahun Pertama. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. 2021. Dosen Pembiming: Elmanora, S.Si., M.Si. dan Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Mahasiswa tahun pertama rentan memiliki pola tidur yang buruk, apabila tidak dapat memanajemen waktu dengan baik. Adapun tingkat konsentrasi belajar akan terganggu apabila mahasiswa merasakan kantuk, terlebih lagi apabila lingkungan keluarganya tidak mendukung aktivitas akademik anggota keluarganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola tidur dengan tingkat konsentrasi belajar pada mahasiswa tahun pertama, untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan tingkat konsentrasi belajar pada mahasiswa tahun pertama, serta untuk mengetahui hubungan bersama-sama antara pola tidur dan lingkungan keluarga dengan tingkat konsentrasi belajar pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey, dengan pendekatan korelasional. Total responden sebanyak 152 mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2020 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data konsentrasi belajar diambil menggunakan The Mizan Meta-Memory and Meta-Consentration Scale for Student (MMSS) yang telah dikembangkan, data pola tidur diambil menggunakan Sleep and Wake Pattern Assessment Questionare yang telah dikembangkan, serta data lingkungan keluarga diambil menggunakan Family Environment Scale (FES) yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara variabel pola tidur dengan konsentrasi belajar sebesar 0,683 dengan sig. 0,000. Selanjutnya terdapat hubungan antara lingkungan keluarga konsentrasi belajar sebesar 0,807 dengan sig. 0,000. Lalu terdapat hubungan bersama-sama antara pola tidur dan lingkungan keluarga dengan konsentrasi belajar mahasiswa Ilmu kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2020 sebesar 0,825 dengan nilai sig. 0,000. Kata kunci: lingkungan keluarga, konsentrasi belajar, pola tidur. Rona Safarina. The Relationship Between Sleep Patterns and Family Environment with First Year Students' Concentration Levels. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. 2021. Supervisor: Elmanora, S.Si., M.Si. dan Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT First-year students are prone to having poor sleep patterns, if they can't manage time well. The level of concentration in learning will be disturbed if students feel sleepy, especially if the family environment does not support the academic activities of their family members. The purpose of this study was to determine the relationship between sleep patterns and the level of concentration of learning in first year students, to determine the relationship between the family environment and the level of concentration of learning in first year students, and to determine the joint relationship between sleep patterns and the family environment with the level of concentration of learning in first year students. This research is a quantitative research that uses a survey method, with a correlational approach. The total respondents were 152 students of Family Welfare Sciences, Universitas Negeri Jakarta, Class of 2020 who were selected by purposive sampling technique. Learning concentration data were taken using The Mizan Meta-Memory and Meta-Concentration Scale for Student (MMSS) which had been developed, sleep pattern data was taken using the developed Sleep and Wake Pattern Assessment Questionnaire, and family environment data were taken using the Family Environment Scale (FES). Which has been developed. The results of this study are that there is a relationship between sleep pattern variables and learning concentration of 0.683 with sig. 0.000. Furthermore, there is a relationship between the family environment of learning concentration of 0.807 with sig. 0.000. Then there is a joint relationship between sleep patterns and the family environment with the learning concentration of the 2020 Universitas Negeri Jakarta, Family Welfare Science students' learning concentration of 0.825 with a sig value. 0.000. Keywords: family environment, learning concentration, sleep pattern

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Elmanora, S.Si., M.Si. 2) Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 11056 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 02:03
Last Modified: 24 Aug 2021 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16974

Actions (login required)

View Item View Item